Desa Sehat Bebas Asap Rokok di Indonesia

 

Desa Sehat Bebas Asap Rokok di Indonesia

Desa sehat bebas asap rokok di Indonesia – Serutin apapun olahraga dan sesehat apapun makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda akan percuma jika Anda adalah seorang perokok aktif maupun pasif. Perokok aktif ialah orang yang mengonsumsi rokok sedangkan perokok pasif adalah orang yang menghisap asap rokok dari perokok aktif.

Fakta menunjukkan bahwa perokok pasif berkali-kali lebih berbahaya daripada para perokok aktif. Hal ini disebabkan oleh kandungan dalam asap rokok yang menyebabkan berbagai bentuk gangguang kesehatan. Oleh karena itu, orang yang tidak merokok yang tinggal di lingkungan perokok akan sangat terancam kesehatannya. Sebagian warga Negara Indonesia yang telah menyadari risiko ini kemudian mengambil tidakan. Buktinya, ada beberapa desa bebas asap rokok di Indonesia sebagai berikut:

  1. Desa Bone-bone, Sulawesi Selatan

Jika Anda hidup dalam lingkungan yang tercemar akibar asap rokok, maka Anda akan merasakan langsung perbedaan dan suasana lingkungan yang bebas rokok di desa Bone-bone, Sulawesi Selatan. Desa yang dihuni oleh 801  jiwa ini memasang baliho besar di depan pintu gerbang mereka. Baliho tersebut secara langsung berisi tanda larangan merokok.

  1. Desa Ngunut, Yogyakarta

Tidak jauh berbeda dengan desa Bone-bone, salah satu desa di pinggiran Gunungkidul ini memiliki sebuah gapura bertuliskan, ‘Kawasan dilarang merokok’. Dari pengalaman beberapa orang luar yang memasuki desa ini, warga desanya masih bisa mentoleransi pada pecandu rokok yang belum bisa meninggalkan kegiatan merokok asal jangan di tempat publik. Namun jelas bahwa hak dari non-perokok sangat di hormati di desa ini.

  1. Desa Bulaksari 7, Jawa Timur

Desa bebas rokok selanjutnya terletak di desa Bulaksari 7, Kecamatan Mampir, Surabaya. Desa ini memiliki kesan indah tersendiri. Hal ini terlihat dari warganya yang saling bantu-membantu dalam membangun kampung mereka, sebuah tempat bebas asap rokok.

  1. Desa Sitiung, Sumatera Barat

Sumatera Barat juga punya desa bebas asap rokok yang berlamatkan di Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat. Desa ini menerapkan sanksi tegas bagi setiap warga yang tertangkap merokok di sembarang tempat. Penerintah setempat pun memberikan penghargaan kepada wagra desa yang semula merokok dan mampu meninggalkan kebiasaan buruknya tersebut.

Itulah sejumlah desa di Indonesia yang mempunyai aturan tegas mengenai rokok. Keberadaan desa-desa ini hendaknya dapat menyadarkan para perokok untuk tidak merokok sembarangan di tempat umum. Beberapa kota telah menyediakan ruangan khusus untuk merokok dan alangkah baiknya lagi jika para perokok aktif bisa meninggalkan kebiasaan buruknya.

Leave a Reply