Estimasi Biaya Pembuatan Instalasi Pengolahan Air Limbah

Estimasi Biaya Pembuatan Instalasi Pengolahan Air Limbah

Instalasi pengolahan limbah menjadi salah satu bidang yang patut diberikan perhatian, baik itu dari segi biaya maupun cara pembuatannya terutama jika anda ingin membuat sebuah tempat pengolahan limbah dengan skala yang cukup besar. Mengenai desain dan tata bangunannya pun harus bagus dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. saat berbicara masalah biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat instalasi pengolahan limbah yang berkualitas tentu juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Jenis Pembuatan Pengolahan Limbah Beserta Biaya

ada beberapa jenis tempat pengolahan air limbah dengan masing-masing harga yang ditawarkan. berikut penjelasannya untuk anda.

  1. Pengolahan IPAL Rumah Sakit

Salah satu tempat yang memiliki banyak air limbah adalah rumah sakit, dengan banyaknya jumlah limbah yang dihasilkan maka proses pengolahan limbah tergolong sebagai proses dengan skala besar yang harus membutuhkan biaya yang cukup besar pula, berbeda halnya dengan klinik-klinik kecil ataupun rumah sakit yang hanya menghasilkan sedikit limbah dan tergolong dalam pengolahan limbah skala kecil.

 

  1. Pengolahan air limbah rumah tangga

Dalam sebuah rumah tangga tentu memiliki peran yang cukup besar dalam menghasilkan limbah, limbah yang dihasilkan dalam lingkup rumah tangga berasal dari air sabun cuci piring, detergen, sabun mandi dan lainnya. untuk pengolahan limbah dalam rumah tangga dapat di buat sendiri secara sederhana, bahan yang digunakan pun terbilang cukup minimalis sehingga tidak butuh biaya yang besar. pada pembuatan tempat pengolahan limbah rumah tangga biasanya hanya menggunakan pipa semen pasir dan ijuk. untuk membuat tampungan limbah secara sederhana akan memakan biaya kurang lebih sekitar 5 juta rupiah.

 

Namun jika anda ingin membuat tempat pengolahan limbah dengan menggunakan tangki serta pipa yang lebih modern akan memakan biaya lebih besar.

 

  1. Pengolahan air limbah komunal

Pengolahan air limbah komunal tergolong sebagai pengolahan dalam skala sedang,   dengan tangki komunal ini ada beberapa rumah yang mengalirkan air limbahnya ke wadah ini dengan jumlah sekitar 25 hingga 35 saluran tergantung pada besarnya tempat pengolahan limbah tersebut. selain dalam bentuk tangki, anda pula penampungan dengan bentuk kolam yang mampu memuat lebih banyak limbah. namun tentu saja pembuatan kolam tersebut membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dan menghabiskan biaya yang lebih besar.

Leave a Reply