Kambing Aqiqah Jantan atau Betina

Kambing aqiqah jantan atau betina sering menjadi pertanyaan orangtua muslim yang akan melaksanakan acara aqiqah. Untuk jumlah kambing aqiqah, mayoritas ulama (jumhur ulama) mengatakan bahwa untuk anak laki-laki 2 ekor kambing dan untuk anak perempuan 1 ekor kambing. Baca penjelasan tentang kambing aiqah jantan atau betina untuk acara aqiqah.

Berapa Jumlah Kambing yang Menjadi Syarat Aqigah Anak Perempuan?

Ada hadits yang berbunyi, dari Aisyah yang berkata, bahwa Rasulullah bersabda : “Bayi laki-laki diaqiqahi dua ekor kambing yang sama dan bayi perempuan dengan satu ekor kambing.” Hadist tersebut jelas menyatakan bahwa anak perempuan jika akan diaqiqahi sudah sah dengan menggunakan atau menyembelih seekor kambing atau domba saja. Untuk anak laki-laki sangat dianjurkan untuk menyembelih dua ekor kambing yang sama ketika akan diaqiqahi. Pelaksanaan aqiqah untuk anak perempuan sama dengan anak laki-laki yakni ketika bayi tersebut usai dilahirkan pada hari ke 7, 14, atau. Pelaksaan aqiqah ini juga sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Al Baihaqy, yang bunyinya sebagai berikut :

Dari Abdullah bin Buraidah yang merupakan ayah dari Nabi Muhammad SAW, bersabda, “aqiqah itu disembelih pada hari ketujuh atau keempatbelas atau keduapuluhsatu. Baca juga pembagian daging aqiqah.

Kambing Aqiqah Jantan atau Betina

Kambing Aqiqah Jantan atau Betina yang Menjadi Syarat Aqiqah Anak Perempuan?

Di dalam perkara aqiqah ini, hewan yang diperbolehkan sebagai sembelihan hanyalah kambing atau domba. Untuk jenis kelaminnya bisa jantan maupun betina. Hal ini sesuai dengan riwayat berikut. Ummu Kurz Al-Ka’biyah pernah menanyakan kepada Muhammad SAW mengenai aqiqah. Kemudian, Nabi Muhammad SAW pun bersabda, “Ya, untuk anak laki-laki dua ekor kambing dan perempuan satu ekor kambing. Kambing yang akan disembelih itu tidak perlu menyusahkanmu mengenai jantan atau betina.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi). Baca biografi Tirmidzi di Wikipedia. Oleh Tirmidzi menyahihkannya dalam Nailul Authar 5 : 149). Kemudian untuk binatang lain, selain kambing belum ditemukan dalil yang shahih untuk digunakan sebagai aqiqah. Apakah pertanyaan tentang Kambing Aqiqah Jantan atau Betina mulai bisa anda jawab?

Adapun syarat aqiqah anak perempuan yang sah selain yang telah dijelaskan di atas di antaranya adalah :

  1. Disunnatkan bagi orang tua untuk memberikan nama serta mencukur rambut si anak di hari ke 7 sejak kelahirannya. Seperti misalnya jika si anak lahir di hari Ahad maka pelaksanaan aqiqah jatuh pada hari Sabtu.
  2. Aqiqah yang paling utama dibebankan kepada orang tua si anak, namun boleh juga dilakukan oleh keluarga yang lain.
  3. Hukum dari pelaksanaan aqiqah ini adalah sunnah.

Bagi anda yang ingin melaksanakan acara aqiqah dan mencari paket aqiqah murah, silakan kunjungi web www.pelangiaqiqah.co.id. Anda dapat memilih aneka pilihan paket aqiqah yang sesuai dengan keperluan aqiqah anak anda, baik laki-laki maupun perempuan.

Semoga artikel tentang Kambing Aqiqah Jantan atau Betina ini bermanfaat.

Leave a Reply