Pembagian Daging Aqiqah Yang Benar Sesuai Sunnah dan Syarat Aqiqah

Pembagian daging aqiqah yang benar sesuai sunnah penting untuk diketahui oleh orangtua muslim (beragama Islam). Ketentuan dan aturan pembagian daging syariat dalam Islam telah dijelaskan dalam berbagai riwayat hadist. Di Indonesia, Muhammadiyah dan NU merupakan golongan yang banyak pengikutnya. Secara hakiki, kedua golongan tersebut tetap merujuk pada sunnah yang dibawa oleh Nabi Muhammad. Yuk kita simak bagaimana pembagian daging aqiqah yang benar.

Pembagian Daging Aqiqah

Setelah melakukan prosesi aqiqah, maka untuk daging hewan yang telah disembelih kemudian diolah dan bisa dimakannya, menghadiahkan sebagian dagingnya, serta mensedekahkan sebagiannya lagi. Syaikh Utsaimin mengatakan, “dan tidak akan apa-apa jika disedekahkan darinya dan mengumpulkan kerabat dan tetangga untuk menyantap daging aqiqah yang telah matang.” Syaikh Jibrin juga mengatakan, “Sunnahnya dia makan sepertiganya, menghadiahkan sepertiganya kepada sahabat-sahabatnya, dan menghadiahkan sepertiganya lagi kepada kaum muslimin. Lalu juga boleh mengundang teman-teman dan kerabat lainnya untuk menyantapnya, dan boleh juga disedekahkan semuanya.

Pembagian Daging Aqiqah

Selain karib kerabat, sangat dianjurkan untuk membagikan daging aqiqah kepada kaum duafa seperti fakir dan miskin. Pembagiannya boleh dalam bentuk mentah, namun diutamakan untuk membagikan dalam bentuk matang. Dengan demikian, penerima daging aqiqah tidak direpotkan untuk memasaknya dan mereka tinggal memakan olahan daging tersebut.

Syarat Aqiqah untuk Anak Perempuan yang Sesuai Syariat Islam

Syarat aqiqah anak perempuan yang sesuai dengan syariat Islam wajib anda ketahui para orang tua yang memiliki anak perempuan. Di ulasan yang diberikan ini akan diberikan secara rinci sebagai referensi untuk anda yang ingin mengaqiqahkan anak perempuan. Pembahasan ini pastinya dibahas secara lugas dan mudah dimengerti bagi siapapun yang ingin berencana mengadakan aqiqah untuk anak perempuannya. Baca syarat aqiqah anak laki-laki dan perempuan tentang jumlah dan jenis kambing aqiqah di artikel kami selanjutnya.

Demikianlah beberapa syarat aqiqah anak perempuan yang harus anda ketahui. Pastinya pelaksanaan aqiqah yang anda laksanakan harus sesuai dengan syariat Islam, supaya apa yang menjadi tujuan anda dalam melakukan aqiqah diterima sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT. Tidak hanya itu saja, harapan anda untuk anak yang anda aqiqahi bisa menjadi terkabul dan sesuai dengan keinginan.

Leave a Reply