Perbedaan Hukuman Positif dan Negatif Bagi Anak dan Dampaknya

Perbedaan Hukuman Positif dan Negatif Bagi Anak dan Dampaknya – Penguatan dan hukuman sering digunakan sebagai alat pengasuhan untuk mengubah perilaku anak. Mari tinjau perbedaan antara penguatan positif dan penguatan negatif, dan perbedaan hasil antara penguatan dan hukuman.

Perbedaan Hukuman Positif dan Negatif Bagi Anak dan Dampaknya

Perbedaan Antara Penguatan Positif dan Negatif Bagi Anak

Dalam psikologi perilaku, penguatan adalah pengenalan kondisi yang menguntungkan yang akan membuat perilaku yang diinginkan lebih mungkin terjadi, berlanjut atau diperkuat di masa depan.

Karena kondisi yang menguntungkan bertindak sebagai hadiah, penguatan adalah pengkondisian berbasis penghargaan.

Ada penguatan positif dan negatif. Mereka bisa membingungkan karena istilah teknis yang digunakan dalam psikologi sering disalahartikan dalam budaya masa kini.

Sebagai bahasa teknis, positif mengacu pada penambahan faktor sementara negatif mengacu pada penghapusan faktor. Tapi positif dan negatif tidak mewakili kualitas faktor yang ditambahkan atau dihapus. Faktor itu bisa menyenangkan atau tidak menyenangkan.

Misalnya, positif bisa menambahkan sesuatu yang tidak menyenangkan sehingga menimbulkan perasaan tidak enak, sementara negatif bisa menghilangkan sesuatu yang tidak menyenangkan sehingga menghasilkan perasaan yang menyenangkan.

Jadi, ingatlah bahwa positif dan negatif mengacu pada menambahkan dan menghapus sesuatu, bukan pada kualitas faktor tambahan / penghapus atau perasaan yang dihasilkan.

Penguatan positif

Penguatan Positif adalah menambahkan stimulus yang menyenangkan untuk meningkatkan perilaku.

Penguatan Negatif

Penguatan negatif adalah menghilangkan rangsangan yang tidak menyenangkan untuk meningkatkan tingkah laku.

Hukuman Positif vs Hukuman Negatif

Sedangkan tujuan penguatan adalah untuk memperkuat perilaku yang diinginkan, tujuan hukuman adalah membuat perilaku yang tidak diinginkan cenderung terjadi, berlanjut atau menguatkan di masa depan.

Seperti penguatan, makna teknis hukuman positif dan negatif mengacu pada penambahan atau penghapusan faktor untuk mendapatkan hasilnya. Mereka tidak mengacu pada kualitas atau dampak hukuman.

Hukuman Positif

Hukuman positif menambahkan stimulus yang tidak masuk akal untuk mencegah perilaku.

Hukuman Negatif

Hukuman negatif adalah menghapus rangsangan yang menyenangkan untuk mencegah perilaku.

Karena efek samping hukuman yang negatif, orang tua harus berusaha melakukan disiplin dengan menggunakan larangan saja jika memungkinkan.

Perbedaan Hukuman Positif dan Negatif Bagi Anak dan Dampaknya  – Namun, orang tua juga harus berhati-hati agar tidak terlalu sering menggunakan hikuman karena terlalu banyak hal baik bisa menjadi hal yang buruk.

Leave a Reply