Teknologi IPAL Sederhana

Problematika penerapan IPAL pada masyarakat salah satunya adalah peralatan pengolahan limbah yang masih tergolong mahal dan kurang terjangkau untuk ekonomi menengah ke bawah. Walaupun pemerintah telah memberikan bantuan peralatan IPAL untuk masyarakat secara gratis, namun penyebarannya masih sangat terbatas dan hampir tidak menjangkau kawasan pedesaan atau pelosok. Menyadari akan hal tersebut, beberapa ahli lingkungan pun mencetuskan teknologi IPAL sederhana dengan harga yang sangat terjangkau yang mana komponen penyusunnya dapat memanfaatkan benda-benda yang ada di sekitar.

Teknologi IPAL Sederhana

Desain IPAL Inovatif Dan Murah

  1. IPAL botol plastik

Botol plastik merupakan salah satu limbah non-organik yang sangat mudah didapatkan di lingkungan sekitar. Limbah yang satu ini pun dapat dimanfaatkan sebagai peralatan IPAL sederhana yang cocok untuk diterapkan pada limbah rumah tangga. Benda-benda yang dibutuhkan antara lain : beberapa botol air mineral 1,5 liter dan dipotong bagian moncongnya, selang plastik bening elastis dengan ketebalan maksimal 2mm, sabut kelapa, bebatuan coral, sampah kering dari dedaunan, dan saringan pasir.

Sampah kering menjadi lapisan paling bawah dan ditutupi dengan bebatuan koral di atasnya yang memiliki fungsi menjernihkan limbah cair. Kemudian letakkan sabut kelapa yang teruji mampu menyaring zat kimia dari limbah rumah tangga, dan terakhir adalah saringan pasir yang fungsinya menahan sabut kelapa agar tidak mengapung. Setelah itu, tempatkan selang menembus lapisan hingga ke dasar. IPAL sederhana dari botol plastik pun siap untuk menjalankan tugas pengolahan limbah rumah tangga.

  1. IPAL bekas tabung cat 20kg

Bekas tabung cat juga dapat dimanfaatkan untuk peralatan pengolahan limbah sederhana dan digunakan untuk ruang yang lebih besar dibandingkan rumah tangga, contohnya taman terbuka hijau, karena daya tampung bekas tabung cat yang lebih besar. Komponen penyaringnya sama dengan IPAL botol plastik, hanya untuk media penghubung antar tabung menggunakan pipa paralon dengan diameter kurang lebih 5mm.

Untuk yang tidak ingin repot-repot membuat IPAL sederhana ini, bisa langsung mengunjungi atau memesan di IPALBioRich.com. Harga murah, bersahabat, dan selalu nyaman untuk kantong.

Namun, perlu diingat bahwa limbah cair yang telah diolah oleh IPAL sederhana ini tidak untuk dikonsumsi, melainkan hanya keperluan lain seperti mencuci pakaian, kendaraan, dan penggunaan di luar kontak langsung dengan tubuh manusia mengingat metodenya yang sederhana. Sehingga selama dimanfaatkan untuk keperluan non-konsumsi, air yang dihasilkan dari proses pengolahan cukup aman.

Leave a Reply